Pandemi Covid-19 memang menjadi momok pada saat ini, sehingga menyebabkan terjadinya ketakutan dan kepanikan pada masyarakat. Ketakutan dan kepanikan yang berlebih dapat menurunkan kerja sistem imun, sehingga alangkah baiknya kita selaku masyarakat dapat menyikapi kondisi ini dengan bijak. Pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih mudah daripada mengobati, begitu halnya dengan pandemi Covid-19. Mencegah penyebaran Covid-19 merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga perilaku hidup bersih dan sehat sudah sepatutnya kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Indonesia pada saat ini sedang berusaha keluar dari wabah Covid-19, beberapa upaya pun telah dilakukan dan salah satu diantaranya adalah penerapan “Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB)” dengan durasi waktu minimal 14 hari. Selama PSBB berlangsung kita disarankan tetap berada dirumah selama waktu yang ditentukan, sehingga kita perlu menjaga kesehatan dengan cara menjaga sistem imun. Salah satu cara meningkatkan sistem imun yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat atau mengkonsumsi olahan makanan yang menyehatkan.

Makanan yang sehat perlu mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral hingga serat dan air yang cukup dan sesuai kebutuhan tubuh.

Beberapa ahli gizi merekomendasikan makanan yang baik untuk dikonsumsi selama pandemi Covid-19. Selain dapat meningkatkan sistem imun, rekomendasi makanan yang diberikan juga memiliki harga yang terjangkau. Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan saat penerapan PSBB dimasa pandemi Covid-19:

  • Buah-buahan
  • Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang memiliki aktivitas sebagai anti oksidan, sehingga sangat baik dikonsumsi ketika merasa tidak enak badan khususnya dimasa pandemi ini. Menurut ulasan National Center for Epidemiology and Population Health di Australian National University mengungkapkan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah pilek di tengah lingkungan yang tidak mendukung, seperti cuaca dingin, selain itu vitamin C juga dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan dari pilek.

  • Tomat

Tomat merupakan makanan yang kaya akan serat, vitamin dan mineral sehingga sangat baik dikonsumsi ketika seseorang sedang sakit. Tidak hanya jeruk, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Tomat berukuran sedang diketahui mengandung lebih dari 16 miligram vitamin C. Selain vitamin C tomat memiliki kandungan likopen. Likopen juga dikenal memiliki efek antioksidan, sehingga sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai risiko penyakit.

  • Pepaya

Buah ini memiliki vitamin C dan likopen seperti halnya buah tomat, akan tetapi pepaya mengandung enzim yang bernama papain. Paparin merupakan suatu enzim yang dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, pepaya juga diketahui mengandung vitamin B, potasium dan asam folat yang baik untuk memelihara sistem imun tubuh dan sangat dibutuhkan pada masa pandemi ini.

  • Semangka

Buah semangka memiliki kandungan likopen yang dibutuhkan oleh tubuh, dan kelebihan lain dari buah ini adalah karena kandungan airnya yang tinggi, sehingga dapan membantu menghilangkan dehidrasi dan air juga dapat membantu proses pemulihan dan meningkatkan kerja sistem imun.

  • Sayuran
  • Brokoli

Brokoli merupakan sayuran banyak mengandung mineral, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Brokoli juga diketahui kaya akan serat dan antioksidan. Vitamin E memiliki aktivitas antioksidan sama halnya dengan vitamin C, sehingga dapat berfungsi melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, yaitu molekul berbahaya yang bisa merusak jaringan, organ, dan sel-sel tubuh. Selain itu, vitamin E juga mampu memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi bakteri dan virus.

  • Bayam

Bayam juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imun, dikarenakan memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang tinggi. Selain itu bayam juga mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah pilek pada orang-orang sehat. Kelebihan lain sayuran ini yaitu memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu sel darah merah dalam mengikat oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh, maka dari itu orang yang mengkonsusmsi sayuran ini akan merasa kuat, segar dan dapat berkonsentrasi, hal tersebut sangat dibutuhkan saat PSBB berlangsung.

  • Jamur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti University of Florida Institute of Food and Agricultural Sciences mengungkapkan bahwa konsumsi jamur setiap hari dapat meningkatkan angka dan kekuatan sel T secara signifikan. Laman MedicineNet mengungkapkan sel T adalah jenis dari sel darah putih yang memegang peranan penting dalam sistem imun dan juga menjadi inti dari kekebalan adaptif. Jamur shitake juga diketahui dapat menurunkan protein pemicu inflamasi. Ini menunjukkan bahwa jamur shitake dapat berperan sebagai agen antiinflamasi.

  • Wortel

Wortel merupakan sumber vitamin A dan mineral yang dapat memperkuat sistem imun dan membantu sistem imun bekerja secara optimal. Wortel  sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan lemak atau minyak, sehingga vitamin di dalamnya bisa terserap dengan baik.

  • Sumber lainnya
  • Bawang putih

Dikutip dari republika, bahwaBawang putih sudah dikenal dapat membantu meningkatkan sistem imun. Bahan makanan yang biasa digunakan sebagai tambahan dalam masakan ini kaya akan kalium, kalsium dan senyawa sulfur yang dapat memberi perlindungan dari bakteri dan infeksi. Bawang putih dalam kondisi mentah memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan. Bahan makanan ini dapat membantu sistem imun bekerja secara optimal. Tak heran bila bawang putih kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk meringankan gejala pilek. Bahkan, salah seorang pasien asal Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. disebutkan berhasil pulih dari Covid-19 usai mengonsumsi bawang putih panggang. Upaya itu dilakukan selama 16 hari saat melakukan isolasi di rumah sakit.

  • Roti Gandum Utuh

Gandum utuh memiliki aktivitas atau kemampuan sebagai antiinflamasi serta dapat membantu meningkatkan produksi bakteri baikdalam sistem pencernaan. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, bahwa sekitar 70 persen dari sistem imun tubuh tinggal di dalam usus, sehingga sangatlah penting untuk menjaga usus tetap sehat.

  • Minuman probiotik

Berdasarkan jurnal diatas, bahwa pentingnya kita menjaga usus kita agar tetap sehat. Selain mengkonsumsi makananan dan minuman yang bersih, peran bakteri baik juga sangat penting dalam menjaga agar usus tetap sehat. Salah satu sumber bakteri baik adalah minuman probiotik. Minuman jenis ini banyak dijual di supermarket, mini market atau bahkan warung dengan harga yang terjangkau. Minuman probiotik disarankan dikonsusmsi setiap hari guna menjaga agar usus kita tetap sehat.

  • Telur

Dikutip dari republika, bahwa telur diketahui kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun. Salah satunya adalah vitamin D yang memiliki peran penting dalam mengatur dan memperkuat imunitas. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan jurnal JAMA mengungkapkan bahwa, orang yang rutin mengonsumsi telur memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena pilek atau infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA.

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat protektif, menjaga kesehatan dengan berolahraha minimal 30 menit sehari juga disarankan serta asupan air putih yang cukup juga penting agar tubuh tetap seimnang. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap gunakan masker, jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas serta jaga jarak guna memutus rantai penyebaran Covin-19. Sekian terimakasih.

Dibuat oleh : Dang Soni, M.Farm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.