Artikel

Perawatan dengan Masker Alami untuk Cerahkan Wajah Dirumah Aja

Sumber gambar https://blog.elevenia.co.id/

Tak bisa dipungkiri jika ingin tampil cantik di setiap kesempatan mungkin menjadi hal yang penting bagi sebagian besar kaum perempuan. Namun, disaat pandemi seperti sekarang ini pemerintah mengimbau agar kita melakukan jaga jarak/physical distancing secara fisik. Oleh karena itu, berbagai aktivitas seperti sekolah, kuliah, perkantoran banyak dilakukan dirumah atau Work from Home (WFH). Namun sayangnya, aktivitas yang dilakukan dirumah ini terkadang cenderung membuat orang merasa malas untuk memperhatikan perawatan wajah yang sebenarnya dapat kita lakukan tanpa harus pergi ke salon kecantikan.

Untuk mendapatkan wajah yang bersih tak jarang setiap orang berlomba-lomba membeli dan mencoba berbagai produk kecantikan atau bahkan pergi ke salon kecantikan. Namun, hal tersebut memerlukan biaya yang tak sedikit. Padahal, untuk memperoleh wajah yang bersih dan cerah, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang dapat meminimalisir resiko efek samping dan tentunya dapat dilakukan sendiri dengan mudah #DirumahAja. Bahan alami tersebut dapat kita buat menjadi masker untuk mencerahkan wajah.

Masker adalah sediaan kosmetik untuk perawatan kulit wajah yang memiliki manfaat yaitu memberi kelembaban, memperbaiki tekstur kulit, meremajakan kulit, mengencangkan kulit, menutrisi kulit, melembutkan kulit, membersihkan pori-pori kulit, mencerahkan warna kulit, merilekskan otot-otot wajah dan menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat (Irawati, dkk).

Berikut 5 bahan alami yang dapat dijadikan sebagai masker:

  • Jeruk Nipis

Sumber gambar http://www.shutterstock.com/

Masker alami yang pertama adalah masker jeruk nipis. Buah jeruk nipis diketahui mengandung senyawa flavonoid dan Vitamin C yang tinggi (Khasanah, dkk). Kandungan antioksidan jeruk nipis ini dapat membantu agar terhindar dari jerawat, membantu untuk mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Untuk membuat masker dengan jeruk nipis ini sangat mudah, belah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian langsung dioleskan pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata, diamkan dulu selama 30 menit sampai mengering, setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, masker ini dapat dicoba secara teratur 2-3 kali dalam satu minggu. Tapi, bagi yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dalam menggunakan masker ini karena dapat menimbulkan iritasi atau kulit terasa perih

  • Pisang

Sumber gambar https://beritacenter.com/news

Masker alami berikutnya yang bisa kita buat dirumah adalah masker pisang. Pisang telah banyak diteliti dan menunjukkan bahwa buah ini kaya akan vitamin C (Mahardika, dkk) dan efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Untuk membuat masker alami dengan pisang ini cukup dengan menghaluskan satu buah pisang hingga menjadi lembut kemudian dapat ditambahkan dengan satu sendok makan madu lalu campur hingga merata, selanjutnya oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20 menit, terakhir bilas dengan air bersih.

  • Kentang

Sumber gambar https://borneo24.com/

Masker alami yang selanjutnya adalah masker kentang. Kentang bukan hanya dapat dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat selain nasi, tetapi kentang juga dapat digunakan sebagai bahan masker alami karena berdasarkan penelitian, kentang mengandung antioksidan yang dapat menyamarkan flek wajah dan membantu regenerasi kulit. Cara membuat masker kentang inipun tidak sulit. Yaitu dengan menumbuk halus kentang yang sudah direbus, lalu campurkan dengan 2 sendok makan susu hingga membentu pasta. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air bersih.

  • Bengkoang

Sumber gambar https://www.fimela.com/

Bengkoang diketahui banyak memiliki manfaat terutama untuk kulit. Bengkoang ini kaya akan vitamin B dan C yang berperan penting untuk memutihkan wajah dan menjaga wajah tetap bersih bersinar. Cara membuat masker dari bengkoang ini dapat dilakukan dengan memarut bengkoang hingga lembut kemudian peras, hasil perasannya inilah yang dapat digunakan sebagai masker, tinggal dioleskan pada area wajah yang telah dibersihkan lalu diamkan selama 20 menit. Terakhir bilas dengan air bersih. Perawatan dengan masker ini dapat dilakukan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

  • Pepaya

Sumber gambar https://www.cantikmillenial.com/

Siapa tak kenal buah pepaya, buah dengan beragam manfaat. Enzim papain dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E pada pepaya berfungsi sebagai antioksidan dimana kandungan ini akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Cara membuat masker dari buah pepaya ini sangat mudah, yaitu haluskan pepaya hingga lembut lalu oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 30 menit lalu terakhir bilas dengan air hangat.

 

Itulah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai masker wajah alami. Namun, pemakaian masker alami ini dianjurkan agar dilakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang Optimal. Jika sudah seperti itu maka kita akan siap untuk bersinar setiap hari meskipun dirumah aja. Selamat mencoba…

 

Referensi:

  1. https://www.merdeka.com/jabar/ (diakses pada 15 Oktober 2020).
  2. Irawati, L. 2013. Pengaruh Komposisi Masker Kulit Buah Manggis (Garcinia mangostana L) Dan Pati Bengkuang Terhadap Hasil Penyembuhan Jerawat Pada Kulit Wajah Berminyak. e-Journal. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2013, edisi yudisium periode Mei 2013, hal 40-48.
  3. Khasanah, dkk. 2014. Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanolik Kulit Buah Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) dengan Metode DPPH (1,1-Difenil-2- Pikrilhidrazil).  Jurnal Ilmu Farmasi Dan Farmasi Klinik Vol.11.
  4. Mahardika, dkk. 2016. Vitamin C pada Pisang Ambon (Musa paradisiaca) dan Anemia Defisiensi Besi. MAJORITY, Volume 5, Nomor 4.

Dibuat Oleh : Nurul Auliasari, M.Si.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Butuh Bantuan? Hub. kami