Berita

Tetap Menghasilkan Karya Ditengah Kebosanan Karena Pandemik Korona

Semenjak adanya pandemik korona, semua orang dianjurkan untuk tinggal dirumah kecuali apabila adanya keperluan penting yang mengharuskan untuk keluar rumah. Banyak hal yang bisa lakukan ketika dirumah, seperti berkumpul dengan keluarga, bermain bersama keluarga atau juga sebagai waktu yang tepat untuk beristirahat. Namun tak banyak orang yang kegiatan di rumahnya dapat menghasilkan suatu karya yang bisa bermanfaat. Seperti halnya salah satu dosen di Fakultas MIPA Bapak Apt. Asman Sadino, M.Farm. yang membuat karya buku judul Aktivitas Antidiabetes Tanaman dari kegiatan dirumah.

Sebenarnya keinginan untuk membuat buku sudah direncanakan oleh Pak Asman sejak kuliah S2 bersama dosen pembimbingnya, namun karena satu dan lain hal (karena kesibukan masing-masing) sehingga Pak Asman melajutkan penulisan buku tersebut sendiri ketika mengisi waktu luang selama pandemik korona. Waktu pengerjaannya di mulai tanggal 2 April 2020 sampai tanggal 3 Mei 2020 dan dicetak 18 Juni 2020 dengan cetakan pertama 10 buku melalui Penerbit Deepublish (CV Budi Utama).

Menurut Pak Asman, tujuan dalam pembuatan buku tersebut  sebagai sumbangsih ilmu pengetahuan dibidang kesehatan khususnya untuk penyakit Diabetes Melitus. Selain itu, juga untuk digunakan sebagai bahan bacaan untuk mahasiswa(i) yang mengambil judul skripsi tentang pengujian aktivitas antidiabetes pada suatu tanaman. Sehingga target pembaca dalam buku tersebut untuk para mahasiswa(i) tingkaty akhir.

Pak Asman menyampaikan harapan dalam pembuatan buku tersebut, “Semoga dengan adanya buku ini mahasiswa(i) dapat menggunakan buku ini sebagai bahan untuk referensi dalam rangka untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan dalam memahami metode pengujian aktivitas antidiabetes pada sutau tanaman. Selain itu, juga sebagai referensi diharapkan dapat digunakan bukan hanya untuk mahasiswa(i) farmasi tetapi bisa juga digunakan oleh mahasiswa(i) kesehatan lainnya yang berminat untuk melakukan penelitian eksperimental di laboratorium yang berkaitan dengan pengujian aktivitas Antidiabetes suatu tanaman”.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button