Berita

PERAN PENTING AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) UNTUK MENJAGA KUALITAS DI LINGKUNGAN KAMPUS

Universitas Garut merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki komitmen yang sangat tinggi pada penerapan mutu atau kualitas di setiap prosesnya. Mutu dipandang sangat penting sebagai salah satu indikator Universitas Garut dalam mencapai Visi, Misi dan Tujuan. Melalui Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Garut, lembaga dapat melakukan penjaminan mutu yang didalamnya merupakan  suatu proses yang memastikan bahwa semua karakteristik dan kinerja sesuai dengan standar/harapan/persyaratan melalui dokumen-dokumen yang telah ditetapkan oleh Universitas.

Kegiatan penjaminan mutu merupakan kelanjutan implementasi Rektor Universitas Garut, yaitu: penjaminan mutu dalam lingkungan Universitas Garut dimulai tahun 2009 dan dilaksanakan secara menyeluruh pada tahun 2017. Untuk menjamin mutu di lingkungan Akademik maka perlu dilakukan kegiatan audit melalui kegiatan AMI (Audit Mutu Internal).

Secara operasional, penjaminan mutu bidang akademik dikelola oleh unit gugus kendali mutu (GKM) dibawah tanggung jawab Dekan Fakultas dan dilakukan melalui pembentukan tim ad hoc yang terdiri dari dosen-dosen yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan Program Studi, yang memiliki tugas untuk menjamin mutu seluruh lingkungan akademik.

Penyusunan dan pengendalian dokumen mutu yang dibuat oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dapat dijadikan dokumen standar, sehingga semua unit dari tingkat institusi sampai tingkat fakultas dapat melaksanakan kegiatan akademik dengan aturan yang sama. Selain dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Garut, Pimpinan Program Studi melaksanakan penjaminan mutu dalam pengelolaan program studi oleh unit GKM Fakultas.

Untuk itu menurut Ketua Gugus Kendali Mutu Fakultas MIPA Deden Winda Suwandi, M.Farm., Apt mengingat pentingnya menjaga mutu akademik, maka GKM Fakultas MIPA selalu mengikut sertakan setiap anggota yang terlibat dalam lembaga GKM dan bertanggung jawab terhadap kegiatan AMI pada kegiatan pendidikan dan pelatihan mengenai SPMI dan AMI.

Pelatihan AMI-PT ini diikuti oleh 2 orang perwakilan anggota GKM yaitu Nopi Rantika, M.Farm dan Asman Sadino, M.Farm., Apt dengan harapan dapat menjadi auditor yang tersertifikasi dan memiliki kompeten dalam melaksanakan kegiatan audit internal di lingkungan akademik Universitas Garut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button