Menurut undang – undang tentang pendidikan tinggi, pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pengabdian kepada masyarakan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan positif. Pada saat pendemi corona seperti ini saya mencoba untuk memberikan kontribusi  melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Biasanya PKM selalu dilakukan bersama-sama dengan fakultas lain yang ada di lingkungan Universitas Garut dengan tema-tema tematik yang telah ditentukan oleh pihak rektorat, Tetapi untuk tahun ini, PKM dilakukan secara Individu, dan juga bukan di wilayah Jawa Barat, khusus Garut, melainkan di Sumatera tepatnya di Desa Tanobato, Padangsidempuan, Sumatera Utara.

Tema dari PKM kali ini adalah Sosialisasi New Normal.  New  Normal saat ini sering kita dengar, namun apakah semua masyarakat  telah tahu  arti sebenarnya? New Normal merupakan kondisi di mana kegiatan ekonomi, pendidikan, atau bidang lainnya sudah dapat beroperasi seperti biasa tapi tetap memberlakukan protokol kesehatan. Desa Tanobato  merupakan salah satu desa di Kelurahan Padangsidempuan utara.  Warga desa Tanobato mempunyai mata pencaharian sebagai   buruh, petani, dan PNS. Sampai saat ini kondisi di desa Tanobato sendiri masih aman dari positif Covid 19. Akan tetapi kita juga tidak bisa menuntup mata terdapat orang orang yang statusnya OTG maupun ODP dan juga di desa atau kelurahan Tanobato sendiri tidak diterapkan PSBB saat ini.  Untuk itu, agar dapat penunjang program pemerintah perlu dilaksanakan penyuluhan Apakah masyarakat desa  Tano Bato sudah mengetahui apa itu ‘ New Normal dan apakah masyarakat desa Tanobato sudah memahami mekanisme New Normal yang akan diterapkan selama pandemi Covid 19. Dikarenakan pandemi Covid 19 ini belum tahu kapan akan berakhir, dan belum juga bisa dipastikan kapan uji coba kandidat Vaksin tersebut akan berhasil ditentukan.

Melalui kegiatan ini,  Sosialisasi kehidupan New Normal”  dapat memberikan manfaat mencakup berbagai aspek diantaranya: aspek kesehatan, aspek lingkungan, dan aspek ekonomi. Metode  yang  digunakan  pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Mendatangi dan melakukan  penyuluhan secara Door to Door, kepada warga sekitar Desa Tanobato yang telah disetujui oleh kepada desa atau KEPLING setempat yaitu masyarakat desa Tanobato yang tingkat pendidikan dan ekonominya  kurang mampu. Dibantu oleh mahasiswa yang berkuliah di Padangsidempuan. Pemberian  materi  penyuluhan   dengan menggunakan  metode   ceramah  dan menggunakan  media  brosur yang  berisi  penjelasan  mengenai New Normal dan Pola hidup Sehat.  Contoh penerapan New Normal yang sangat sederhana seperti : Tetap jaga jarak selama berinteraksi social, Wajib mengenakan Masker jika keluar rumah, hidup sehat dan bersih dengan selalu cuci tangan, selau membawa hand sanitaizer dan tisu ketika bepergian, dan lain sebagainya. Setelah itu warga yang dikunjungi akan diberikan  pembagian Alat kesehatan seperti ; Masker, Sarung tangan, Hand Sanitaizser dan Vitamin C,  serta  Sembako berupa : Minyak Goreng 1 liter  dan Telur 1 papan.

Adapun tujuan dari  PKM  adalah melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah  dalam upaya menanggulangi pandemi COVID 19 serta  peningkatan  kesehatan melalui penyuluhan mengenai pola “New Normal”. Mendorong masyarakat untuk peduli terhadap pentingnya penerapan New Normal saat ini dan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk taat dan disiplin diri dalam menerapkan New Normal.

Alhamdulillah kegiatan PKM telah selesai dilaksankan pada Minggu, 7 Juni 2020, tim yang terdiri dari 3 orang telah melaksankan sosialisasi dengan mengunjungi 11 keluarga. Ucapan terima kasih ditujukan kepada Fakultas MIPA Universitas Garut, khususnya Dekan dan UPPM yang telah mensponsori kegiatan ini. Semoga pandemi  ini dengan seizin ALLAH   dan doa dari kita semua, segera berakhir. Insyaallah.

Created by : Novriyanti Lubis, ST., M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.