Berita

Sosialisasi Pentingnya Cuci Tangan di Lingkungan Kerja FMIPA Universitas Garut

Prodi Farmasi FMIPA Universitas Garut telah memproduksi hand sanitizer dan larutan desinfektan untuk di lingkungan FMIPA Universitas Garut dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Dekan FMIPA Universitas Garut, dr. Siva Hamdani, MARS., M.Farm , 16 Maret 2020 : ”Semakin besarnya penyebaran virus corona menuntut kita untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat salah satu nya yang penting mencegah penularan virus ini  adalah dengan  mencuci tangan memakai sabun di air mengalir.”  Seringkali mencuci tangan tidak dilakukan secara benar, terburu buru dan seadanya sehingga hanya menyingkirkan kotoran secara kasat mata namun tidak efektif menyingkirkan kuman (bakteti dan virus) oleh karena itu sosialisasi tentang cara mencuci tangan yang benar sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan di lingkungan kampus FMIPA Universitas Garut”.

Sosialisasi untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan dimulai dengan sosialisasi pentingnya mencuci tangan pada mahasiswa,  staf akademik dan umum serta satpam di lingkungan FMIPA Universitas Garut. Kegiatan dilakukan secara serentak pada tanggal 16 Maret 2020. Sebagai acuan cara mencuci tangan yang benar 6 langkah mencuci tangan yang bersumber dari WHO. Dibentuk kelompok kelompok kecil dalam penyuluhan ini  dengan praktik mencuci tangan secara langsung dengan team pemberi penyuluhan adalah dosen dan staf laboratorium. 

Menurut Kementrian Republik Indonesia salah satu cara efektif untuk mencegah penularan virus corona yaitu dengan mencuci tangan dengan benar.  Mencuci tangan merupakan cara yang sederhana namun efektif untuk mencegah penukaran virus corona.

Mencuci tangan yang paling efektif dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Namun apabila sulit untuk menemukan air dan sabun bisa menggunakan hand sanitizer membersihkan tangan.  Penggunaan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% juga efektif dalam membasmi kuman.

Pastikan dalam mencuci tangan sampai bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku. Setelah itu keringkan dengan menggunakan tissue/lap. Sumber : http://www.padk.kemkes.go.id/health/read/2020/03/17/9/5-cara-efektif-agar-tidak-tertular-virus-corona.html

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button