Berita

Kelas Kapita Selekta Teknologi Farmasi Terbitkan Buku Ajar

Pada April 2020 Kapita Selekta Teknologi Farmasi tebitkan buku bahan ajar dari tugas Mahasiswa untuk bisa digunakan mahasiswa farmasi di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Garut.

Disampaikan salah satu dosen Kapsel Teknologi Farmasi Framesti Prisma Sriarumtias, Pemberian tugas untuk pengganti Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa memang sudah dilakukan sejak 2017 untuk mengenalkan mahasiswa terhadap keterbaruan penelitian di bidang Teknologi Farmasi.

“Sudah menjadi kebiasaan dari tahun 2017, kelas Kapita Selekta Teknologi Farmasi tidak pernah mengadakan Ujian Akhir Semester dengan cara ujian tertulis, ujian tertulis hanya dilakukan saat UTS. Hal ini dikarenakan topik bahasan di Kapsel Tekfar lebih ke pengenalan keterbaruan dari penelitian di bidang teknologi Farmasi. Sudah sejauh mana peneliti diluar sana mengembangkan bentuk sediaan farmasi. Sehingga saya rasa sangat tepat untuk kapsel tekfar ujian yang dilakukan lebih aplikatif, sehingga mahasiswa mampu belajar sendiri terkait perkembangan penelitian di bidang teknologi farmasi.” kata Framesti.

Pernah terpikirkan untuk tugas meriview jurnal yang terakreditasi SINTA  namun prosesnya lebih panjang sehingga pemilihan tugas pembuatan buku lebih efektif dengan bantuan pihak ketiga penerbit.

“Awalnya yang terpikir adalah membuat review jurnal dengan syarat review jurnal harus di submit di jurnal terakreditasi SINTA. Tetapi melihat waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk sampai pada tahap review oleh reviewer jurnal, maka saya memutuskan untuk membuat Buku. Awalnya ingin membuat buku bekerjasama dengan mahasiswa dimulai dari membuat cover sampai layout dengan menggunakan Penerbit Universitas Garut, tetapi melihat beban kerja yang lumayan banyak akhirnya memutuskan untuk menggunakan bantuan dari pihak ketiga yaitu Penerbit yang merupakan anggota IKAPI sehingga bebannya menjadi lebih ringan. Saya dan mahasiswa hanya fokus di isi saja.”kata Framesti.

Proses penulisan buku sendiri dimulai sejak Bulan Januari sampai Bulan Februari, dilakukan review setiap bab bersama mahasiswa setiap selesai kelas Kapsel Teknolog Farmasi. Pada akhir Bulan Februari dilakukan tahap akhir untuk diskusi cover dengan penerbit, editing, proses pengajuan ISBN dan masuk ke percetakan di Bulan Maret. Pada Bulan April buku sudah bisa terbit dengan Judul Buku “Sistem Pengantaran Obat”.

”Semoga apa yang dikerjakan oleh mahasiswa kelas Kapita Selekta Teknologi Farmasi Tahun Ajaran 2019/2020 dapat bermanfaat dan menjadi amal jariah untuk semua.” harapan Framesti.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button