4 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Waktu terus berjalan, tak terasa tinggal menghitung hari untuk seluruh umat muslim memasuki Bulan Ramadhan 1441 H. Bagaimanapun keadaan kita, siap ataupun tidak siap Bulan Ramadhan akan datang, dan tentu beruntunglah orang yang sudah mempersiapkan diri menyambut Bulan Ramadhan. Adapun persiapan – persiapan yang dimaksud seperti :

  1. Persiapan Ruhiyah (Keimanan)

Rasulllah SAW mengajarkan kepada kita tentang sebuah do’a menjelang Ramadhan :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Ya Allah berkahilah kami di Bulan Rajab  dan Sya’ban dan sampaikan usia kami di Bulan Ramadhan”.

Persiapan secara keimanan ini berupa pengendalian diri, menjaga hati agar ikhlas, bersih dari penyakit hati seperti iri, dengki, ria, dendam dan juga permusuhan. Melakukan silaturahmi baik secara langsung ataupun dengan alat komunikasi dan saling memaafkan sebelun Bulan Ramadhan.

  • Persiapan Jasadiyah (Fisik)

Ramadhan merupakan bulan yang ketika kita melakukan kebaikan maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat, ibadah sunnah akan mendapatkan pahala wajib, dan pahala ibadah wajib berlipat-lipat, sangat disayangkan apabila kita tidak bisa memanfaatkan Bulan Ramadhan sebaik mungkin karna kondisi fisik kita. Persiapan jasadiyah/ fisik ini seperti berolah raga teratur, banyak minum air putih dan makan vitamin. Apalagi sekarang sedang maraknya pandemi virus korona, alangkah baiknya kita sering cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan lebih baik tinggal dirumah ketika tidak ada keperluan yang mendesak.

  • Persiapan Tsaqafiyah/Fikriyah (Keilmuan)

Rasulullah SAW, bersabda :

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim no. 1718)

Memahami tata cara ibadah yang benar akan membawa kita untuk meraih pahala, karena apabila suatu aktifitas kita tidak ditunjang dengan pengetahuan yang baik maka kita juga tidak akan mendapat hasil yang baik. Untuk itu perlulah kita persiapan ilmu seperti ilmu piqih, mempelajari sunnah Nabi Muhammad SAW, mengikuti majelis ilmu dan ibadah lain terkait di Bulan Ramadhan.

  • Persiapan Maaliyah (Harta)

Persiapan harta yang dimaksud seperti persiapan untuk bisa bersedekah, infaq dan zakat.

Semakin banyak kita memberi makan semakin banyak pula ganjaran pahala yang kita terima di Bulan Ramadhan.

Semoga ibadah puasa Ramadhan tahun ini lebih baik dengan persiapan yang lebih matang. Aamiin.

2 Comments

  1. Dalam menjalani ibadah di bulan ramadhan, bulan yang penuh kemuliaan, aku sendiri bareng temen sehabis tarawih, malemnya ngelakuin tadarusan di masjid. soalnya kalo di rumah lampunya kurang terang, yaa karena di masdij karpetnya enak sih buat duduk sambil tadarusan. tapi aku perhatiin lampu di masdij unik, yaa bagus gitu di liatnya. aku tanya sama temenku, kata temen aku yang pengurus masjid situ, dia beli lampu sama karpetnya itu di ACE Hardware Indonesia barang nya bagus bagus di sana.

  2. Ya Allah ….. Sampaikanlah kami pada Ramadhan 1443H . Kami niatkan diri menjalankan puasa n amal sholeh sebaik2nya di bulan yg penuh berkah n rahmah. Berikan petunjuk kepada kami untuk itu ……AAMIIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button