Fakultas MIPA merupakan bagian integral dari Universitas Garut, yang berada di bawah naungan Yayasan Universitas Garut (seterusnya disebutkan YUNGA). Fakultas MIPA Program Studi (PROGRAM STUDI/JURUSAN) Farmasi didirikan oleh Yayasan Perguruan Prima pada tahun 1998. Kemudian Yayasan Perguruan Prima bergabung dengan Yayasan Perguruan Tinggi Garut dan Yayasan Gilang Kencana menjadi Yayasan Universitas Garut pada tanggal 15 Desember 1998 dan disahkan dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor: 173/D/O/1998. PROGRAM STUDI/JURUSAN Farmasi F MIPA  UNIGA beroperasi sejak tahun 1998.
Struktur organisasi pengelolaan program studi secara umum mengikuti pola pada struktur baku yang ditetapkan pemerintah. Pada saat ini, Program Studi dikelola oleh seorang Ketua Jurusan, seorang Sekretaris Jurusan, dan 13 orang staf kesekretariatan program studi jurusan. Pengelola program yang berjumlah 15 orang ini, memiliki kompetensi, kapabilitas, dan kapasitas yang memadai untuk menangani pekerjaannya. Struktur Organisasi ini juga sudah relevan untuk mengelola program dan dimungkinkan untuk pengembangan kemudian.

Visi
Menjadikan Program Studi (PS) Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F.MIPA) Universitas Garut (UNIGA) sebagai institusi terkemuka dan terpercaya pada tahun 2015 dalam penyelenggaraan pendidikan Farmasi dengan konsentrasi di bidang pengembangan sumber daya alam agraris dan kelautan.

Misi

  1. Mengembangkan sistem pelayanan penyelenggaraan Pendidikan Farmasi dengan berbasis pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Mengembangkan fasilitas pendidikan berupa sarana dan prasarana untuk memenuhi standar pendidikan kefarmasian.
  3. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak dengan prinsip-prinsip sinergis, saling menguatkan dan saling menguntungkan.
  4. Meningkatkan kajian keilmuan mengenai pemanfaatan sumber daya alam melalui penelitian, seminar, workshop, dan kegiatan sejenis lainnya.
  5. Meningkatkan kegiatan publikasi yang terkait dengan kajian mengenai pemanfaatan sumber daya alam melalui berbagai media.
  6. Membina kerjasama dan profesionalisme dalam pengelolaan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi di bidang farmasi dan kesehatan khususnya dibidang pemanfaatan sumber daya alam agraris dan keahlian.